Tren Tabungan Syariah Saat Ini

buka tabungan syariahSekarang ini, tabungan dengan berbasis syariah tengah menjadi tren di kalangan masyarakat tanah air, khususnya juga karena sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan seorang muslim yang dimana mereka dilarang untuk melakukan praktik riba saat melakukan transaksi perbankan. Selain itu, Bank maupun tabungan jenis syariah kini juga cukup banyak disukai serta banyak dipilih masyarakat karena tabungan syariah ini mempunyai sistem yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan bank umum maupun bank konvensional lainnya. Selain itu, kegiatan operasional yang berasal dari bank syariah juga terdiri atas dua aktivitas utama, yatu aktivitas dalam hal mengumpulkan uang maupun dana yang dimana berasal dari nasabah lalu yang kedua ialah kegiatan pembiayaan yang juga sering disebut dengan financing.

buka rekening syariahDan juga, kegiatan pendanaan atau juga bisa dibilang kegiatan pengumpulan dana ini dilakukan bank untuk mendapatkan dana yang bisa diperoleh dari para nasabahnya, atau internal bank, dan juga bisa berasal dari pihak ketiga lainnya. Dan untuk kegiatan pembiayaan ini dilakukan yaitu dengan cara menyalurkan dana yang telah terkumpul untuk kemudian dimasukkan lagi ke dalam beberapa sektor-sektor usaha yang diperbolehkan yang telah disesuaikan dengan syariat Islam. Kegiatan untuk mengumpulkan dana ini sepintas memang bisa dibilang hampir sama dengan bank-bank umum maupun bakn-bank konvensional yang dimana bank-bank tersebut mengumpulkan uang yang berasal dari deposito, tabungan, serta giro.

tabungan syariahPerbedaan dari keduanya secara umum ialah terletak di perjanjian awalnya, lalu di sistem bunga serta pemanfaatan dari dana-dana yang telah terkumpul yang di mana Bank Syariah nantinya akan menyalurkan dana yang terkumpul tersebut dengan cara memegang prinsip syariah dan juga hukum Islam yang berlaku. Sama seperti pembahasan sebelumnya tentang cara pendanaan dari bank syariah ini, ada 2 tipe tabungan yang bisa dilakukan oleh bank syariah dan diantaranya ialah akad Wadi’ah serta akad Al-Mudharabah. Bank syariah secara umum menawarkan produk yang juga masih sama dengan bank-bank konvensional lainnya, tapi tentunya masih ada beberapa perbedaan di antara bank-bank tersebut. Jenis produk tersebut diantaranya ialah:

a. Tabungan
Untuk tipe tabungan yang satu ini, bank syariah menerapkan dua akad yakni akad wadi’ah dan juga akada mudharabah. Kita dapat menggunakan salah satu dari kedua jenis akad tersebut untuk menyimpan uang di dalam bank. Jika kita akan memakai prinsip wadi’ah, maka nantinya tabungan akan memperoleh keuntungan serta dapat diambil sewaktu-waktu dengan buku tabungan maupun dengan memakai kartu ATM. Dan jika memakai prinsip mudharabah, maka nantinya keuntungan yang kta dapatkan akan dibagi dua antara pemilik uang dengan mudharib atau bank tersebut. Temukan solusi terbaik dengan membuka rekening mandiri syariah sekarang.

Untuk para nasabah yang memilih menggunakan giro itu berarti nasabah tersebut melakukan akad wadi’ah. Yang dimana terdapat 2 wadi’ah yakni wadi’ah yadud Amanah serta wadi’ah yadud Dhamanah. Untuk Akad wadi’ah yadud Amanah ini merupakan jenis titipan yang dimana bank tidak memiliki kewajiban untuk mengganti uang jikanantinya ada kerugian maupun kehilangan. Sebaliknya untuk akad wadi’ah yadud Dhamanah, bank bertanggungjawab penuh akan nilai uang tabungan para nasabahnya.

c. Deposito
Untuk Deposito sendiri, perjanjiannya dilakukan dengan akad mudarobah. Dan tenggang waktu merupakan salah satu ciri-ciri dari tabungan deposito dimana untuk jangka waktunya telah disetujui bersama. Biasanya untuk kangka waktu deposito ditentukan bermacam-maca, dimulai dari 30 hari, 90 hari, bahkan ada yang berjangka waktu tahunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *